POTENSI INVESTASI PARIWISATA KEBUN RAYA CIBODAS

Admin Kamis, 14/02/2019 Internal 720 hits

Kebun Raya Cibodas yang terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Lokasi ini tepat berada di bawah kaki gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 1.275 m dpl dan bersuhu udara 17 – 27 Derajat Celcius. Kebun Raya Cibodas atau Cibodas Botanical Garden adalah taman hijau nan indah yang luasnya hampir 80 hektar dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit menjadikan kebun raya cibodas salah satu tujuan wisata utama. Keindahan Kebun Raya Cibodas sudah terkenal sejak lama dan menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara.  

Beberapa lokasi yang paling diminati pengunjung selain rumah kaca (green house) adalah Jalan Araucaria (auracarua Avenue), Air Terjun Cibeureum, Sungai, Lokasi Lanskap, Kebun Pohon Sakura, Air mancur, Danau dan yang paling penting semuanya terbalut dalam konsep taman hijau yang indah dan menyejukan. Sangat cocok sebagai liburan keluarga atau kumpul komunitas. Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu potensi wisata unggulan Kabupaten Cianjur, karena cukup banyaknya para pengunjung yang datang pada hari kerja maupun hari libur yang dampaknya akan mempengaruhi terhadap pendapatan masyarakat sekitar maupun pendapatan daerah melalui mekanisme pengelolaan tempat yang telah dilakukan selama ini oleh Pemkab Cianjur.

Lokasi    :    TNGP Desa Cimacan Kec. Cipanas
Luas Area    :    + 80 Ha
Status Tanah    :    TNGP dan Pemkab Cianjur
Akses menuju lokasi    :    Jalan Kabupaten Kampung Rarahan
Jumlah Pengunjung    :    + 9000 Orang/Bulan
Fasilitas Penunjang    :    -  Kios/Toko/Kantin
Mushola/Toilet
T. Parkir
Penginapan/Villa
Camping Ground/Outbound Area
    
Pengelola    :    LIPI dan Pemda Kabupaten Cianjur

: tanpa label

HIMBAUAN

Lengkapilah kegiatan usaha anda dengan IZIN Uruslah perizinan Anda secara LANGSUNG, dan HINDARI pengurusan Izin melalui PERANTARA / CALO. Bayarlah retribusi sesuai dengan TARIF RETRIBUSI yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah.