WEST JAVA INVESTMENT AWARD 2018 PEMERINGKATAN TERBAIK PERUSAHAAN PMA DAN PMDN KABUPATEN/KOTA DI JAWA BARAT TAHUN 2018

Admin Kamis, 14/02/2019 Internal 1049 hits

West Java Investment Award 2018

Pemeringkatan Terbaik Perusahaan PMA dan PMDN

Kabupaten/Kota di Jawa Barat Tahun 2018

 

Perkembangan penanaman modal baik PMA maupun PMDN di Jawa Barat menunjukkan pertumbuhan yang positif. Dalam konstalasi nasional, data menunjukkan bahwa nilai realisasi penanaman modal PMA di Jawa Barat rata-rata selalu menunjukkan peringkat pertama dan peringkat kedua untuk realisasi penanaman modal PMDN. Keberhasilan ralisasi penananaman modal merupakan hasil dari berbagai penataan dan penyempurnaan yang dimulai dari penataaan kebijakan berbagai sektor terkait, perkuatan koordinasi antar pengambil keputusan, sampai kepada perbaikan prosedur perijinan dalam rangka memudahkan pelayanan kepada para penanam modal dan upaya pelaksanaan pengendalian penanaman modal. 

Pengendalian penanaman modal dilaksanakan melalui  pengukuran tingkat kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, menjaga kelestarian lingkungan hidup, menciptakan keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kesejahteraan  pekerja serta kewajiban menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik, melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan melalui laporan kegiatan penanaman modal.

Melalui Surat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Propinsi Jawa Barat No. 522.06/535/Dac, Tanggal 6 Februari 2018 tentang Sosialisasi dan Penyampaian Instrumen West Java Investment Award Tahun 2018. Pemerintah Propinsi Jawa Barat melalui DPMPTSP Kabupaten Cianjur menyelenggarakan kegiatan WEST JAVA INVESTMENT AWARD 2018 terkait pemeringkatan PMA dan PMDN terbaik se-Jawa Barat dilakukan sebagai bentuk penghargaan  dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap keberadaan Perusahaan PMA dan PMDN  yang telah memberikan kontribusi terhadap perkembagan investasi di Jawa Barat.

Kegiatan penilaian atas perusahaan PMA dan perusahaan PMDN terbaik di Jawa Barat dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi pemerintah Provinsi Jawa Barat di kawasan Kabupaten Cianjur dalam rangka mendorong dan meningkatkan minat serta kegairahan berinvestasi, yang dalam perkembangannya telah memberikan dampak ekonomi secara makro, termasuk dalam hal penerapan tenaga kerja dalam aspek ekonomi lainnya.

Dalam mencapai hasil yang diharapkan dalam kegiatan pelaksanaan penilaian perusahaan PMA dan perusahaan PMDN  berperingkat terbaik tingkat Jawa Barat ini, sasaran kegiatan pertama yang dilakukan dengan mengusulkan PMA/PMDN di tingkat Kabupaten Cianjur yang dinilai merupakan perusahaan yang bergerak pada sektor industri maupun jasa (primer, sekunder, tersier) yang sudah memliki IUT, termasuk terhadap proyek perluasannya atau masih dalam tahap pembangunan, serta secara teratur dan berkala menyampaikan LKPM kepada BKPM RI, DPMPTSP Provinsi Jawa Barat dan DPMPTSP Kabupaten Cianjur.

Perusahaan-perusahaan yang diusung menjadi peserta dalam kegiatan tersebut diatas harus memilki kompetensi dan memenuhi aspek-aspek yang ditetapkan oleh DPMPTSP Kabupaten Cianjur dan Propinsi Jawa Barat, adapun aspek penilaian tersebut meliputi:

a.         Aspek penanaman modal

b.        Aspek Ketenagakerjaan

c.         Aspek Kontribusi Terhadap Daerah dan Nasional

d.        Aspek Kewajiban Sosial dan Lingkungan

e.        Aspek Kepatuhan Administrasi dan Standardisasi

Dan berdasarkan hasil rapat Tim pembahasan tentang penetapan usulan pengajuan terhadap kanditat yang dipertimbangkan/direkomendasikan berdasarkan beberapa parameter aspek penilaian adalah:


·      Perusahaan Tingkat PMA       :  PT. Tirta Investama

                -          Status Perusahaan          :  PMA (Asal Negara Francis)

                -          Alamat                                  :  Jl. Raya Bandung Sukabumi KM15 Gekbrong Cianjur Jawa Barat 43256

                -          Telepon                               :  0266 260414 – 0266 260420

                -          Website                               :  www.aqua.com

                -          Nilai Investasi                   :  Rp. 293.620.000.000,00

                -          Bidang Usaha                   :  Air Minum Dalam Kemasan

                -          Tenaga Keja                       :  150 Orang

 

·      Perusahaan Tingkat PMDN   :  PT. Tirta Fresindo Jaya

-            Status Perusahaan           :  PMDN

-            Alamat                                   :  Jl. Baru Jonggol KM. 17 Kp. Pasir Cangkudu Ds. Sindangra Kec. Sukaluyu Kab. Cianjur

-            Telepon                                 :  0263 2323905 – 0263 2323908

-            Nilai Investasi                     :  Rp. 434.979.735.795

-            Bidang Usaha                     :  Industri Minuman Ringan dan Industri Barang dari Plastik untuk Pengemasan

-            Tenaga Keja                        :  500 Orang

 

Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat menilai lebih lanjut terhadap perusahaan PMA dan Perusahaan PMDN yang diusulkan Kabupaten Cianjur dan membuat nominatif perusahaan PMA dan Perusahaan PMDN tersebut. 

Dari hasil analisis pengolahan data nominatif tersebut, 5 urutan teratas perusahaan PMA dan 5 urutan teratas perusahaan PMDN dan Perusahaan PMA dan PMDN dari Kabupaten Cianjur termasuk kedalam daftar 5 urutan tersebut.  Selanjutnya Tim melakukan klarifikasi ke PT. Tirta Invesatama dan PT. Tirta Fresindo Jaya  pada tanggal 28 Maret 2018, guna menilai lebih lanjut apa yang telah disampaikan dalam instrumen yang telah disampaikan oleh DPMPTSP Kabupaten Cianjur.

Selanjutnya 3 urutan teratas perusahaan PMA dan 3 urutan teratas perusahaan PMDN melakukan ekspos dihadapan Tim Juri yang telah ditetapkan oleh provinsi Jawa Barat terdiri dari unsur pemerintah, unsur asosiasi, dan unsur akademisi dan perwakilan perusahaan PT. Tirta Fresindo Jaya sebagai kandidat tingkat PMDN mendapatkan kesempatan untuk melakukan ekspos di hadapan para juri.

Pada Tanggal 5 Juni 2018 berdasarkan hasil verifikasi dan penilaian Tim Juri dan di tetapkan bahwa:

1.         PT. Tirta Fresindo Jaya sebagai Peringkat 2 Kategori PMDN Terbaik  Tingkat Jawa Barat

2.         PT. Tirta Investama sebagai Terbaik Harapan 1 Kategori PMA Tingkat Jawa Barat

Jenis penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat tersebut disampaikan langsung oleh Bapak Gubernur Jawa Barat di Hotel el Royale di  Jl. Merdeka No. 2 Kota Bandung Jawa Barat

: tanpa label

KOMENTAR

HIMBAUAN

Lengkapilah kegiatan usaha anda dengan IZIN Uruslah perizinan Anda secara LANGSUNG, dan HINDARI pengurusan Izin melalui PERANTARA / CALO. Bayarlah retribusi sesuai dengan TARIF RETRIBUSI yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah.