RIBUAN WARGA CIANJUR TUNAIKAN SHALAT IDUL ADHA

Admin Senin, 04/06/2018 Internal 400 hits

Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar bersama ribuan warga Cianjur menunaikan shalat Idul Adha di depan Masjid Agung Cianjur sepanjang jalan Siti Jenab sampai dengan Jalan Mochamad. Ali, Senin,12 September 2016. Pelaksanaan Sholat Idul Adha tersebut diikuti oleh ribuan masyarakat dari berbagai kalangan.

Dalam sambutannya Bupati mengungkapkan idul adha secara etimologis bermakna pengorbanan, yang menjadi peringatan hari raya umat islam setiap tanggal 10 dzulhijah. Pengorbanan itu sendiri memiliki esensi yang cukup dalam, yaitu menjadikan setiap yang mengaku muslim tawadhu (rendah hati) dan ikhlas agar tercipta suasana toleransi yang kuat. Idul adha bisa menjadi penghubung dan mempererat tali silaturahmi antar sesama muslim yang menjunjung tinggi nila-nilai persaudaraan. Melalui Idul Adha dengan kewajiban ber-qurbannya, kita dilatih untuk mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah ? masalah sosial, dan mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama. Allah SWT memperingatkan kita akan makna hidup bermasyarakat yang sering kali harus mengorbankan kepentingan diri sendiri bagi kepentingan masyarakat luas.

Selanjutnya Bupati menyampaikan, qurban juga mengingatkan kita agar senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai harkat dan martabat kemanusiaan. Digantinya Ismail dengan seekor domba menyadarkan kita, bahwa mengorbankan manusia di atas altar adalah perbuatan yang dilarang Allah SWT. Ibadah yang kita lakukan harus menjunjung tinggi dan menghormati hak-hak manusia, bahkan hewan qurban yang akan kita sembelih pun harus diperlakukan dengan penuh kasih sayang. Karena itulah, maka perbuatan semena-mena, keji, kejam, mungkar, dzalim dan lain sebagainya adalah perbuatan yang dibenci dan dilarang oleh islam.

Terakhir Bupati beserta keluarga dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Cianjur mengucapkan Selamat Idul Adha 1437 H, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN.

Sementara itu Panitia Pelaksana Sholat Idul Adha 1437 H. H. Herman Suherman (wakil Bupati Cianjur) melaporkan bahwa seusai pelaksanaan sholat Idul Adha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban diwilayah Cianjur Kota yang dilaksanakan di halaman Pemda Cianjur sebanyak 25 ekor sapi dan 78 ekor kambing. Adapun bertindak sebagai Imam adalah KH.M. Zaenal Mahmudin dan Khotib adalah KH. Deddy Wijaya.(tim humas/tim mc kab.cianjur)

: tanpa label

KOMENTAR

HIMBAUAN

Lengkapilah kegiatan usaha anda dengan IZIN Uruslah perizinan Anda secara LANGSUNG, dan HINDARI pengurusan Izin melalui PERANTARA / CALO. Bayarlah retribusi sesuai dengan TARIF RETRIBUSI yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah.