POTENSI INVESTASI PARIWISATA PANTAI JAYANTI

Admin Juma't, 15/02/2019 Internal 609 hits

Pantai Jayanti merupakan potensi investasi di bidang perikanan dan kepariwisataan  yang dimiliki oleh Kabupaten Cianjur dengan keindahan alami dan kisah-kisah mistisnya. Untuk menuju lokasi  Pantai Jayanti dapat dilakukan dengan beberapa rute, jika pengunjung berasal dari kota Bandung, bisa melewati Ciwidey, Naringgul Cidaun, Jayanti. Akses ini dikatakan paling memanjakan, karena keindahan alam ekostik sepanjang perjalanan bisa didapatkan. Menggunakan kendaraan bermotor jarak tempuhnya bisa kurang lebih 2 sampai 3 jam perjalanan. Sementara jika dari Jakarta, bisa langsung ke Cianjur, Sukanagara Tanggeung, Sindangbarang, Cidaun, Jayanti.  Jalur ini terbilang sedikit jauh dari pilihan pertama tadi. Gelombang ombak dan arus yang cukup besar memberikan dampak kurang aman bagi pengunjung yang akan berenang di area pantai, dan hal yang paling ditunggu bagi pangunjung adalah pemandangan sunsetnya. Di sebagian tepi pantai terdapat benteng beton, merupakan bangunan yang berfungsi sebagai penahan gelombang dari tengah laut, Selain itu ada bagian pantai yang membentuk palung dalam yang disebut “lagon” dimana tempat perahu-perahu nelayan berlabuh dan dijangkarkan dan warga sekitar menyebutnya “Lawang” atau yang berarti adalah pintu dimana tempat keluar masuknya ke area pelabuhan.Garis di pantai Jayanti tidak terlalu panjang, terbentang dari Cipakis di sebelah barat  dimana pada lokasi tersebut merupakan area pantai yang cukup landai, dan Cisela di sebelah timur merupakan area yang berbatu dan berkarang.Lokasi dari pantai Jayanti dikategorikan sebagai pantai yang mengalami pembangunan cukup cepat, dapat dilihat dari cukup banyaknya perahu-perahu fiber sebagai pengganti perahu dari kayu.
Lokasi    :    Desa Cidamar Kecamatan Cidaun
Status Tanah    :    Milik Pemerintah (Pemkab Cianjur)
Akses menuju lokasi    :    -      Dari arah Jakarta: Sukanagara-Tanggeung-Sindang Barang-Jayanti -Dari arah Bandung: Ciwidey, Naringgul, Cidaun, Jayanti
Jumlah Pengunjung    :    + 3000 Orang/Bulan
Fasilitas Penunjang    :    -  Kios /Kantin
Penginapan
Mushola/Toilet
T. Parkir
Pasar Ikan
    
Pengelola    :    Dinas Kelautan Peternakan dan Perikanan Kab. Cianjur


: tanpa label

HIMBAUAN

Lengkapilah kegiatan usaha anda dengan IZIN Uruslah perizinan Anda secara LANGSUNG, dan HINDARI pengurusan Izin melalui PERANTARA / CALO. Bayarlah retribusi sesuai dengan TARIF RETRIBUSI yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah.